Monday, October 12, 2015

38 Tips Hemat Budget Liburan di Jepang Supaya Kamu Nggak Kehabisan Uang

38 Tips Hemat Budget Liburan di Jepang Supaya Kamu Nggak Kehabisan Uang, Supaya liburanmu maksimal,tapi pengeluaranmu minimal.


LapakPoker - Saat kalian berencana untuk liburan ke Jepang, yang pertama dipusingkan tentu adalah biaya. Buat yang baru pertama kali berlibur ke Jepang, kamu harus pandai-pandai berhemat supaya malah nggak berhutang setelah liburan. Tapi kamu nggak perlu takut buat datang ke Jepang, karena tingkat keamanan di negara ini layak diacungin jempol. Biarpun kamu tidur di trotoar sekalipun, barang-barangmu kemungkinan besar nggak akan hilang.
Nahh, yuk kita bahas 38 tips mengenai menghemat uangmu saat liburan di negeri ini. Point terpenting dalam menganggarkan budget liburan yang bisa dihemat adalah:
Okeeehhh, mari kita bahas satu per satu.
1. Memanfaatkan JR Pass
Buat kamu yang mau liburan di Jepang lebih dari 7 hari dan pengen mengilingi pulau-pulau di Jepang, JR Pass benar-benar dapat menghemat uang transportmu.
Japan Rail Pass adalah tiket kereta yang ditawarkan untuk turis oleh salah satu perusahaan kereta api di Jepang dengan coverage paling luas, yaitu Japan Railway Group. JR Pass berlaku untuk semua jaringan kereta JR di Jepang, termasuk kereta Shinkansen Hikari dan Kodama, serta beberapa jaringan JR bus dan kapal ferry. JR Pass hanya bisa dibeli diluar Jepang dengan menunjukan passport asli yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor”.
Untuk mengetahu lebih detil soal JR Pass, kalian bisa langsung ke website resminya.

2. Manfaatkan JR PASS lokal
Seperti halnya JR Pass, JR untuk kota-kota lokal di Jepang juga ada. Seperti: JR Hokkaido, JR East, JR West, dan JR Kyushu. Semua memiliki jalur tersendiri di wilayah mereka. Kalau kamu nggak bepergian ke seluruh wilayah Jepang dan hanya tinggal dalam satu wilayah, sangat disarankan untuk membeli salah satu JR lokal ini. Namun, seperti JR Pass, ada beberapa jalur rel yang tidak dapat digunakan. Ada juga syarat dan kondisi yang berlaku, jadi pastikan kalian memeriksa homepage sebelum membeli.
  • Hokkaido Rail Pass
  • JR East Pass
  • JR West Rail Pass
  • Kyushu Rail Pass


3. Manfaatkan Tiket Seishun18
Tiket ini hanya berlaku selama musim semi, musim panas, dan liburan musim dingin, dan memungkinkanmu untuk menggunakan JR kereta reguler dan kereta cepat sebanyak yang kamu inginkan selama 5 hari (kereta shinkansen dan limeted express tidak tercakup). Satu tiket hanya ¥ 11.500 (harga sama untuk orang dewasa dan anak-anak) selama 5 hari. Tiket ini sangat berguna untuk wisatawan, dimana kamu bisa berbagi tiket. Namun, kalau kamu berbagi tiket, maka setiap wisatawan dihitung 1 hari. Misalnya, jika 5 orang wisatawan berbagi tiket, maka tiket hanya akan berlaku selama 1 hari saja.
Kamu dapat membelinya di JR Midori no Madoguchi atau mesin tiket. Kalian tidak dapat membeli secara online.

4. Manfaatkan Bus Express
Kalau kamu berencana bepergian jarak jauh, bus express bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama untuk bus malam, akan lebih murah. Misalnya, kamu bisa naik bus dari Tokyo ke Osaka hanya dengan ¥ 2.000. Manfaat lainnya, kamu dapat menghemat biaya penginapan kalau tidur dalam bus sat perjalanan malam hari.
Kalian dapat membeli tiket secara online, tetapi nggak banyak situs dalam bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa di antaranya.
  • WillerExpress
  • VIPLiner
  • Highway-buses


5. Manfaat akan tiket One Day Pass
Ini adalah promo tiket dari perusahaan kereta api. Saat promo, kamu dapat menemukan tiket unlimeted dalam 1 hari, kemanapun sepuasnya seharian. Sebagai contoh, perusahaan Kintetsu menawarkan Kintetsu Rail Pass untuk daerah Osaka.

6. Membeli Tiket Diskon
Toko yang menjual tiket-tiket diskon disebut dengan toko kinken. Di sini kamu bisa membeli tiket kereta api dan bus dengan harga diskon. “Daikokuya” adalah salah satu toko diskon yang paling terkenal. Mereka nggak cuma menjual tiket transportasi, tetapi juga tiket untuk konser, acara olahraga, dll.

7. Manfaatkan Bus-bus Lokal
Kalau kamu pergi dengan jarak yang dekat, bus adalah pilihan yang tepat. Tapi ini tergantung pada wilayah, karena ada beberapa bus, yang pergi jauh atau dekat, harganya sama aja. Cara ini sangat direkomendasikan untuk mendapat biaya perjalanan murah dan kamu bisa santai sambil menikmati pemandangan sekitar.

8. Manfaatkan tempat penyewaan sepeda
Bersepeda di Jepang adalah cara yang paling hemat, apalagi kalau kamu tahu jalan. Apalagi untuk jarak-jarak yang hanya di bawah 10km, bisa banget nih dimanfaatkan.

9. Pilihan terakhir untuk menuju tempat lain tanpa biaya sepeserpun adalahh...Berjalan.
Jangan takut dan malas berjalan kaki, mimin kalau travelling, pastilebih banyak jalan kaki. Manfaatkan google map. Kalau dirasa jaraknya dekat, mendingan jalan kaki kan? Jadi kalian dapat menghemat uang.

10. Makanlah di Yoshinoya, Matsuya, atau Sukiya
Ini adalah tiga toko gyuudon terbesar di Jepang, yaitu Yoshinoya, Matsuya, dan Sukiya. Kamu bisa makan semangkuk ukuran sedang hanya dengan 350-380 yen (per Juli 2015). Tiga toko ini terkenal murah dengan rasa yang luar biasa. Makanya kamu harus mencobanya setidaknya.

11. Tachikui Soba
“Tachikui” adalah istilah untuk sebuah restoran di mana kalian berdiri untuk makan. Pada restoran soba tachikui, kamu bisa makan soba dengan harga yang sangat murah. Kamu bisa menemukan kakesoba (jenis yang paling sederhana dari soba panas) dan morisoba(jenis yang paling sederhana dari soba dingin) dengan harga 300 yen atau kurang. Beberapa restoran tachikui soba adalah Fuji Soba, Komoro Soba, dan Yudetarou.

12. Self-serve udon restaurants
Di Jepang, ada banyak restoran udon di mana kamu dapat memilih lauk sendiri saat memesan. Di restoran seperti ini harga makanannya relatif murah, dan ada banyak cabangnya. Kalau kamu memilih makanan yang sederhana, seperti kake udon, kamu cukup mengeluarkan uang kurang dari 300 yen. Di antara banyaknya jenis restoran ini, yang paling terkenal adalah Marukame Seimen dan Hanamaru Udon. Kalau kamu belum pernah mencoba udon, pilihan standar adalah udon sanuki.

13. All-you-can-eat restaurants
Kalau kamu pengen makan kenyang total, all-you-can-eat restoran adalah pilihan terbaik. Jadi kamu bisa makan full sampai kenyang, dan nggak perlu lagi makan seharian. Ada berbagai all-you-can-eat restoran, termasuk yakiniku, buffet makan siang, restoran tonkatsu dll. Kamau tertarik, mintalah rekomendasi dari tempat kalian menginap.

14. Tester makanan Jepang di Depachika corners
Nah, yang ini bener-bener gratisss tiss tiss…..
Namanya juga tester, kamu bisa coba sepuasnya sampai perut full! Tester makanan ini bisa kamu temui di berbagai depachika (supermarket bawah tanah) di Jepang. Tapi kalau kamu terus mendatangi 1 depachika secara terus menerus dan nggak belanja, maka itu dianggap nggak sopan. Jadi berpindah-pindahlah mencari depachika lain.

15. Berbelanja di Conbini (convenience stores/mini market)
Kalau kamu membeli bento, noodle cup, onigiri, dan makanan lain di conbini, kamu bisa mendapatkan harga yang murah sehingga kamu dapat menghemat uang. Dalam toko-toko besar sebenarnya ada tempat di manakamu bisa duduk dan makan, jadi kamu bisa makan disana..

16. Roti lokal
Di Jepang ada banyak toko penjual roti-roti lokal. Mungkin kalau di bali, ini sama kayak Roti Cubit, Roti Manis, yang rata-rata harganya 3000rb an.

17. Masak sendiri
Di beberapa guesthouse/penginapan disediakan dapur dengan segela perlengkapan memasaknya. Siapa tahu kamu bawa mi instant dari rumah. Kalian tinggal masak air panas deh disana. Hemat banget kan. Atau kamu bisa membeli sayuran di pasar tradisional Jepang, dan memasaknya di penginapan. Jadi terasa seolah-olah kamu menjadi penduduk Jepang.

18. Menginap di Capsule Hotel
Style-nya yang futuristik menjadikan hotel kapsul sangat populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa menginap semalam hanya dengan sekitar 2000 yen. Ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dapat menghemat uangmu.

19. Menginap di Guesthouse
Target utama Guesthouse adalah para backpackers mancanegara. Ada banyak rumah-rumah pribadi yang direnovasi menjadi guesthouse yang sangat stylish. Hal terbaik saat kalian menginap di guest house adalah kalian dapat berbincang dengan wisatawan berbagai negara (tapi inget sopan santun ya). Ada banyak guesthouse di Jepang. Satu malamnya rata-rata ¥2.000, jadi pasti patut dicoba.

20. Manfaatkan airbnb
Mungkin backpaker akrab dengan istilah airbnb, tapi untuk kalian yang belum tahu airbnb adalah sebuah layanan online di mana kamu bisa menyewa sebuah tempat menginap, atau menyewakan rumahmu untuk tempat menginap bagi orang lain. Tempat yang disewakan bisa berbagai macam bentuk, mulai dari rumah biasa hingga kastil, mulai dari rumah pohon hingga sebuah tenda di pekarangan rumah. Nah di jepang sendiri, wisatawan pengguna Airbnb semakin meningkat. Ada banyak pilihan yang dapat kamu gunakan, mulai dari menyewa 1 kamar tidur saja sampai menyewa satu rumah. Harganya pun bervariasi, bahkan ada yang hanya 1000 yen per malam.

21. Tinggal di area Sauna/Super sento
Di Jepang, sauna dan super sentos adalah tempat untuk spa, tetapi beberapa dari mereka sering memiliki area istirahat yang besar dan beberapa bahkan memiliki kamar yang bisa kamu sewa. Kamu bisa tinggal dengan biaya sewa per malam sekitar 3000 yen atau kurang. Namun, ada banyak orang yang tidur di tempat yang sama, jadi harap berhati-hati dengan barang bawaanmu.

22. Tinggal di warnet
Banyak wisatawan yang mengambil keuntungan dari warnet sebagai alternatif tempat menginap murah. Untuk menyewa 1 biliknya, hanya dibutuhkan sekitar 1000 yen per malam. Bilik ini dilengkapi dengan sofa, kursi atau hanya tatami. Jadi kamu bisa internetan sepuasnya sampai pagi atau membaca manga sampai jungkir balik sekaligus dapat tempat tidur. Tempat ini juga sering menjadi pilihan kalau beberapa orang Jepang ketinggalan kereta saat malam hari.

23. Tinggal di kuil
Nahhh ini nih yang gratis.
Tapiiiii saat ini, beberapa kuil besar telah melarang wisatawan untuk bermalam di dalamnya. Tetapi kuil-kuil kecil masih memperbolehkan wisatawan menginap dengat syarat harus meminta ijin terlebih dahulu.

24. Tidur di restoran
Kalau kamu nggak bisa menemukan tempat untuk tinggal, sebenarnya ada banyak orang yang tertidur di restoran keluarga ketika mereka udah ketinggalan kereta terakhir dan nggak bisa pulang.

25. Belanja di toko serba 100 yen
Toko serba 100yen, sama seperti toko serba 20 ribu di Indonesia. Berbagai macam produk yang ditawarkan di sini, termasuk makanan ringan, kosmetik, alat dapur, alat tulis, pakaian, dan banyak lagi, sehingga kamu bisa membeli oleh-oleh di sini.

26. Supermarket
Kalau ingin mencari makanan atau minuman, supermarket akan menjadi pilihan termurah. Tergantung pada waktu (seperti tepat sebelum tutup), kamu bisa dapat diskon besar pada makanan tertentu.

27. Drugstore (apotek)
Apotek di Jepang nggak cuma menjual obat-obatan, mereka juga menjual makanan dan minuman tertentu dengan harga murah. Di drugstore yang besar, kamu bisa membeli makanan standar seperti jus 1.5L atau susu, telur, tahu, roti, makanan beku, bumbu, dan makanan ringan dengan harga yang wajar

28. Manfaatkan cuci gudang Uniqlo
Kalau kamu tinggal di Jepang untuk waktu yang lama, ada kemungkinan kamu bisa kehabisan pakaian. Mampirlah ke Uniqlo. Kamu bisa membeli sepasang kaus kaki dengan hanya 300 yen. Selain itu banyak produk yang sering di diskon di keranjang sekitar toko, dan kamu bisa menemukan T-shirt hanya dengan 500 yen atau kurang.

29. Mampir ke pasar loak
Jangan kira di jepang kagak ada pasar loak loh. Pasar loak sering hadir di akhir pekan (sabtu/minggu).

30. Lucky Pack (paket keberuntungan)
Lucky pack dijual sekitar Tahun Baru (awal Januari). Lucky pack adalah cara untuk mendapatkan banyak produk dari merek atau toko dengan potongan harga yang menarik. Banyak item akan dijual dalam satu paket. Mirip parcel gitu sih. Tapi bedanya, kamu nggak tahu barang apa yang bakal kamu dapatkan.

31. Periode Big Sale
Di musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (Desember-Februari), department store, pusat perbelanjaan, toko elektronik, dan toko-toko besar lainnya berlomba saling memberikan diskon untuk setiap produknya, dan kebanyakan merupakan produk-produk fashion dari musim sebelumnya.

32. Recyle Shop
Kalau kamu tinggal untuk waktu yang lama di jepang, kamu bisa menemukan barang-barang yang diperlukan seperti selimut, pakaian, peralatan, dan barang-barang lainnya di pusat-pusat daur ulang lokal gratis dengan harga yang relatif murah.

33. Pilih akses internet yang paling cocok.
Di Jepang, ada beberapa cara untuk mengakses Internet, yaitu:
  • Sewa router pocket wifi (wifi saku).
  • ayanan wifi berbayar
  • Nongkrong di spot wifi gratis
  • SIM card berbayar
  • Kafe internet
Nahh pilihan ini tergantung pada seberapa butuh kamu akan internet, Kalau cuma ngirim kabar lewat facebook, kamu mencari spot wifi gratis. Tapi kalau kamu butuh akses GPS, lebih baik belilah SIM card berbayar.

34. Manfaatkan telepon umum
Kalau kamu punya teman di Jepang, kamu bisa memanfaatkan telepon umum, karena akan lebih murah daripada menggunakan handphone. Walaupun keberadaan telpon umum udah semakin jarang karena banyak orang yang telah mempunyai handphone, tetapi di kota-kota besar seperti Tokyo, nggak sulit kok menemukan telphone umum.

35. Pilih layanan pos Internasional yang Terbaik
Kalau kalian ingin mengirim sesuatu ke rumah (oleh-oleh yang sangat banyak) untuk menghemat bagasi pesawat atau karena emang nggak muat di bagasi, ada beberapa layanan yang dapat kamu pilih. Japan Post menawarkan EMS (Express Mail Service), SAL (Surface Air Lifted), atau dengan kapal. Ada juga perusahaan swasta yang dapat kamu manfaatkan. Biayanya tergantung berat barang dan kecepatan sampai.

36. Gunakan jasa laundry untuk mencuci baju bawaanmu
Daripada menggunakan jasa laundry hotel yang relatif mahal, lebih disarankan datang ke laundry lokal dengan menggunakan koin. Walaupun beberapa tempat laundry mengharuskanmu membawa detergent sendiri, tapi itu bukan masalah daripada laundry di hotel yang mahal. Hanya saja, sebagian mesin laundrynya masih menggunakan tulisan Jepang.

37. Menjual barang di pegadaian

Kalau kamu udah kehabisan uang, maka kamu bisa menjual barang-barang pribadimu di pegadaian.

38. Manfaatkan Kinken Shop
Kinken shop menjual tiket perjalanan yang relatif murah,dan terdapat juga tiket untuk banyak hal lain seperti film, teater, olahraga, atau event menarik lainnya.
Dan jangan lupa Untuk Klik Freechip nya di SINI













No comments:

Post a Comment